Minggu, 21 September 2014

Belajar dan Mengajar Santai dengan Metode Teka Teki Silang

Kita selaku pendidik tentunya ingin melaksanakan tahapan-tahapan proses pembelajaran di kelas dengan Serius Santai sambil bermain.
Berikut ini kami sharing  salah satu metode yang dapat kita terapkan pada proses belajar mengajar, dan saya yakin kurikulum KTSP dan K-13 permainan belajar ini dapat diterima.

"ECLIPSECROSSWORD" istilah atau software pendidikan ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang pernah menerapkannya. Jadi itu adalah program yang kita gunakan untuk membuat "Soal Teka Teki Silang" aliyah TTS.

Ternyata program ini dapat membuat guru santai dan semua siswa fokus dalam menyelesaikan soal-soal yang ada dalam TTS, waktu mengajarpun tidak terasa, tiba-tiba waktu mengajar habis. kan enak.

Dan ini secara singkat saya postingkan langkah dalam membuat soal TTS dengan eclipsecrossword ini. langkahnya sebagaai berikut :

file eclipsecrossword yang sudah di donlod silahkan di extrac dan double clik aplikasinya, sehingga tampilan seperti ini


Pada tahapan ini silahkan ketik satu kata "Istilah" pada kotak "Word" dan Ketiklah Kalimat yang menerangkan istilah itu pada kotak "Clue for this word"


sehingga seperti ini, satu istilah berarti satu soal, jadi jumlah soal tergantung andalah
yang jelas semakin banyak soal, siswa akan semakin lama mengerjakan.
 setelah jumlah anda rasakan sudah cukup, langsung tekan tombol "Next" lalu Yes seperti gambar di bawah


 dan dibawah ini adalah tampilan TTS yang sudah kita buat, untuk memilih tampilannya dapat anda lakukan dengan meng-klik kalimat yang bertuliskan "make another puzzle like this one" kalau sudah tekan tombol "Next"

Selanjutnya silahkan pilih menu "Save as web page" kemudian "intractive with java Script"  kemudian simpan.
proses ini merupakan proses pembuatan soal dengan tampilan HTML, dimana soal soal TTS kita tampilkan melalui Layar proyektor.
gambar di bawah ini adalah contoh tampilan halaman soal TTS yang kita tampilkan pada layar proyektor
mengenai cara menggunakanya, silahkan anda buat aja dulu, pasti bisa nanti.
Dan untuk membuat bentuk soal TTS yang biasa kita gunakan, silahkan anda klik menu "Publish Crosword"
lanjut dengan mengklik :Rich text format" dan simpang kemudian "Windows metafile" dan simpan. selanjutnya klik Tombol "Next"

Nah, inilah bentuk soal TTSnya, mengenai desainnya silahkan anda atur sendiri, saya biasa buat untuk 1 lembar kertas F4  menjadi 4 TTS untuk 4 siswa
Demikian tadi secara singkat cara membuat soal TTS, dan bagi anda yang belum menerapkan metode ini, silahkan diterapkan saja, dijamin halal.
dan bagi anda yang belum punya software silahkan anda downlod DISINI

SELAMAT MENCOBA

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap, kunjungi kami juga ya di www.mi1kelayu.blogspot.com

www.mi1kelayu.blogspot.com mengatakan...

mantap, kunjungi kami juga ya di www.mi1kelayu.blogspot.com

POSTINGAN